Selasa, 16 Juni 2015

Indonesia National Single Window (INSW)

Sesuai dengan Agreement to Establish and Implement The ASEAN Single Window (ASW) dan sebagaimana dijelaskan pada Protocol to Estebelish and Implement The ASEAN Single Window (ASW), pengertian dari National Single Window (NSW) adalah suatu sistem yang memungkinkan:
  •     Single Submision of data and information
  •     Single and Synchronous processing of data and information
  •     Single Decision-making for customs release and clearance of cargoes
Sedangkan ASEAN Single Window (ASW) adalah suatu environment dimana sistem NSW dari negara anggota ASEAN dioperasikan dan di-integrasikan, sehingga akan mampu meningkatkan kinerja penanganan atas kegiatan perdagangan dan lalulintas barang, terutama mendorong percepatan proses customs clearance.

 

Tujuan Penerapan Sistem Single Window


Tujuan utama adalah melakukan percepata atas penyelesaian proses, peningkatan efektifitas dan kinerja penanganan lalulintas ekspor impor. Tujuan kedua terkait dengan upaya meminimalisasi waktu dan biaya yang diperlukan dalam seluruh kegiatan ekspor impor, terutama terkait proses customs release dan clearance of cargoes

 

Manfaat Sistem Single Window bagi Pemerintah


Memfasilitasi percepatan proses penyelesaian kegiatan customs release and clearance of cargoes dalam rangka mewujudkan sistem ASW.
  • Menyediakan sistem pelayanan yang mudah, murah, nyaman, aman dan memberikan kepastian berusaha
  • Menciptakan manajemen resiko yang lebih baik, Menghilangkan redudansi dan duplikasi data, Meningkatkan validitas dan akurasi data
  • Memudahkan pelaksanaan penegakan hukum dan perlindungan atas kepentingan nasional dari ancaman yang mungkin timbul karena lalulintas barang ekspor impor.
  • Mengoptimlkan penerimaan negara.
Manfaat bagi Masyarakat Usaha adalah:
  • Memberikan kepastian berusaha, Meningkatkan daya saing, Memperluas akses pasar dan sumber-sumber faktor produksi.
  • Mengefektifkan dan mengefisienkan pemanfaatan sumber daya, Mendorong tumbuh dan berkembangnya kewirausahaan
  • Mendukung prinsip-prinsip Good Corporate Governance dalam seluruh kegiatan pelayanan ekspor-impor.
Berikut ini beberapa layanan elektonik di website NSW
  •     BTBMI
 Buku Tarif Bea Masuk Indonesia, berisi daftar tarif bea masuk dan pungutan lain dalam rangka impor. Berisi besaran tarif Bea masuk, PPN, PPh, PPnBM dan lainnya
  •     LARTAS IMPOR
 Larangan dan Pembatasan Impor dalam Sistem NSW. Berisi daftar barang-barang komoditi impor yang menjadi larangan dan pembatasan dalam sistem NSW
  •     LARTAS EKSPOR
Larangan dan Pembatasan Ekspor dalam Sistem NSW. Berisi daftar barang-barang komoditi ekspor yang menjadi larangan dan pembatasan dalam sistem NSW
  •     PAJAK EKSPOR ( PE )
 Pajak Ekspor atau PE berisi data regulasi pajak ekspor. Berisi informasi jenis-jenis barang yang mendapatkan pajak ekspor
Sesuai dengan Agreement to Establish and Implement The ASEAN Single Window (ASW) dan sebagaimana dijelaskan pada Protocol to Estebelish and Implement The ASEAN Single Window (ASW), pengertian dari National Single Window (NSW) adalah suatu sistem yang memungkinkan
- Single Submision of data and information
- Single and Synchronous processing of data and information
- Single Decision-making for customs release and clearance of cargoes

A single decision-making shall be uniformly interupted as a single point of decision for the release/clearence of cargoes by the Customs on basis of decision, if required, taken by line ministries and agencies and communicated in a time manner to the Customs.
Sedangkan ASEAN Single Window (ASW) adalah suatu environment dimana sistem NSW dari negara anggota ASEAN dioperasikan dan di-integrasikan, sehingga akan mampu meningkatkan kinerja penanganan atas kegiatan perdagangan dan lalulintas barang, terutama mendorong percepatan proses customs clearance.Tujuan Penerapan Sistem Single Window
Tujuan utama adalah melakukan percepata atas penyelesaian proses, peningkatan efektifitas dan kinerja penanganan lalulintas ekspor impor. Tujuan kedua terkait dengan upaya meminimalisasi waktu dan biaya yang diperlukan dalam seluruh kegiatan ekspor impor, terutama terkait proses customs release dan clearance of cargoes
Manfaat Sistem Single Window bagi Pemerintah
1. Memfasilitasi percepatan proses penyelesaian kegiatan customs release and clearance of cargoes dalam rangka mewujudkan sistem ASW
2. Menyediakan sistem pelayanan yang mudah, murah, nyaman, aman dan memberikan kepastian berusaha
3. Menciptakan manajemen resiko yang lebih baik, Menghilangkan redudansi dan duplikasi data, Meningkatkan validitas dan akurasi data
4. Memudahkan pelaksanaan penegakan hukum dan perlindungan atas kepentingan nasional dari ancaman yang mungkin timbul karena lalulintas barang ekspor impor.
5. Mengoptimalkan penerimaan negara.
Manfaat bagi Masyarakat Usaha adalah:
1. Memberikan kepastian berusaha, Meningkatkan daya saing, Memperluas akses pasar dan sumber-sumber faktor produksi.
2. Mengefektifkan dan mengefisienkan pemanfaatan sumber daya, Mendorong tumbuh dan berkembangnya kewirausahaan
3. Mendukung prinsip-prinsip Good Corporate Governance dalam seluruh kegiatan pelayanan ekspor-impor.

Berikut ini beberapa layanan elektonik di website NSW

1. BTBMI

Buku Tarif Bea Masuk Indonesia, berisi daftar tarif bea masuk dan pungutan lain dalam rangka impor. Berisi besaran tarif Bea masuk, PPN, PPh, PPnBM dan lainnya


2. LARTAS IMPOR

Larangan dan Pembatasan Impor dalam Sistem NSW. Berisi daftar barang-barang komoditi impor yang menjadi larangan dan pembatasan dalam sistem NSW


3. LARTAS EKSPOR

Larangan dan Pembatasan Ekspor dalam Sistem NSW. Berisi daftar barang-barang komoditi ekspor yang menjadi larangan dan pembatasan dalam sistem NSW


4. PAJAK EKSPOR ( PE )

Pajak Ekspor atau PE berisi data regulasi pajak ekspor. Berisi informasi jenis-jenis barang yang mendapatkan pajak ekspor

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
    syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






    BalasHapus